Prodi MD UIN SA, Gelar International Webinar on Competencies Development of Online Marketing Strategies

Prodi MD UIN SA, Gelar International Webinar on Competencies Development of Online Marketing Strategies

Surabaya, 10/06/2021. Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan International Webinar on Competencies Development of Online Marketing Strategies. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, sehingga acara ini berakhir pada pukul 13.00 WIB, bertambah satu jam dari jadwal awal pukul 12.00 WIB. Kegaitan ini diikuti oleh mahasiswa prodi MD seluruh Indonesia, para dosen, pengurus dan anggota Perkumpulan Ahli Manajemen Dakwah Indonesia (PAMDI), serta peserta lainnya dari negeri jiran Malaysia.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SA, dalam sambutannya ”Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan cita-citanya dalam menjadi universitas unggul di Asia Tenggara. “Kegiatan ini merupakan langkah konkrit untuk mewujudkan misi UIN Sunan Ampel Surabaya untuk dapat menjadi universitas yang kompetitif, unggul, dan bertaraf internasional, dan langkah ini sudah dilakukan oleh Prodi Manajemen Dakwah, kegiatan ini sangat bagus” jelas Dr. H. Abd. Halim, M.Ag.

Lebih lanjut Dekan FDK mengungkapkan “Kegiatan ini harus terus ditindaklanjuti dengan praktik, dan dimulai bisa dari masjid. Mahasiswa MD sudah diberi kemampuan manajerial, ilmu dakwah, digital, oleh karena itu mahasiswa harus memulai dari yang kita bisa, diantaranya dengan mengoptimalkan peran masjid sebagai sarana pengembang ekonomi untuk umat”, tegasnya

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SA, menegaskan bahwa Prodi Manejemen Dakwah memiliki profil lulusan Profil Lulusan; Pengelola Lembaga Dakwah, Pengelola Biro Perjalanan Haji, Umroh dan Wisata Religi, Wirausahawan Sosial, “Acara ini sangat penting bagi civitas akademika manajemen dakwah, untuk menambah kerangka pemahaman mengenai strategi marketing daring, hal ini menunjang salah satu kompetensi dan profil lulusan dari MD sebagai wirausahawan sosial,” tegasnya.

Ketua PAMDI, Dr. H. Cecep Castrawijaya, MM., MA., menyampaikan dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi atas kegiatan webinar Internasional yang diselenggarakan oleh Prodi MD UIN SA, “Kegiatan ini sangat bagus dan memberikan inspirasi bagi prodi Manajemen Dakwah yang lain di Indonesia, PAMDI sebagai organisasi Induk Para ahli manajemen dakwah, sangat mendukung penuh kegiatan yang dilakukan MD UIN SA.” Ungkap Cecep.

Lebih lanjut Ketua PAMDI mengajak seluruh civitas akademika MD untuk secara bersama-sama memajukan dan mengembangkan keilmuan MD dengan PAMDI sebagai wadahnya, “Mahasiswa, alumni MD, dosen prodi MD, mari bersinergi untuk memajukan keilmuan MD” ajaknya.

Ketua Prodi Manajemen Dakwah UIN SA, Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I, S.Pd.,M.Pd,Kons., menegaskan bahwa webinar ini merupakan bagian dari pengembangan keilmuan dan jejaring dari prodi MD di kancah Internasional.”Webinar internasional memiliki target pemahaman bagi para mahasiswa dan civitas akademika prodi MD untuk memiliki dan mengembangkan sikap kewirausahaan yang adaftif dalam situasi zaman serta meningkatkan relasi dengan jaringan luar negeri”, jelasnya.

Webinar ini, dimoderatori oleh Moh. Ilham, MM., dosen tetap Prodi Manajemen Dakwah UIN SA. Yang bertindak sebagai narasumber, Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I, S.Pd.,M.Pd,Kons. (Head of Da’wa Management UIN Sunan Ampel Surabaya). Topic: Digital Dominance for Youth Marketing Strategy Online, Dra. Imas Maesaroh, Dip.IM-Lib., M.Lib., Ph.D. ( Lecturer of Da’wa Management UIN Sunan Ampel Surabaya). Topic: How to Optimize Personal Branding for Digital Marketing, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM. (Dr Soetomo University, Regional Director of ICSB East Java. Topic: The Power of Digital Marketing. Umi Tursini, Ph.D (Lecturer Of Universitas Kanjuruhan Malang, Digital Marketing Trainer & Technopreneur, Owner of Salvo, Owner Salvora Collection). Topic : The Secrets Trick How Online Business Profit will Reach IDR 100 Million only using Handphone, Dr. Rezki Perdani Sawai (Lecturer of Counseling Program USIM Malaysia). Topic :  Tricks to Know the Psychic of Netizens to get Repeat Orders in Online Marketing.

Salah satu peserta Webinar Prof. Dr. H. Mahmuddin,M.Ag., dari UIN Makassar turut hadir dalam kegiatan tersebut dan menyambut baik atas terselenggaranya webinar ini. Santa Rusmalita, M. Ag selaku Ketua prodi Manajemen Dakwah IAIN Pontianak, menyampaikan” Kegiatan ini sangat bagus, dan menambah dan meningkatkan spirit kewirausaahan mahasiswa”, Ujarnya. Dosen lainnya Herman, M.Ag, dari Manajemen Dakwah UIN Bandung, “Kegiatan ini bagian dari respon yang cepat terhadap perkembangan dunia digital dalam kegiatan kewirausahaan” tegasnya.

Dakwah dan kegiatan ekonomi harus seiring dan sejalan keduanya tidak boleh dilepaskan, karena ini merupakan bagian dakwah dalam bidang ekonomi, oleh karena itu juga para lulusan MD, harus memiliki keahlian dalam bidang wirausaha, Nah webinar ini merupakan salah satu langkah untuk meneguhkan itu. (Wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.