WISUDA KE-28 DAN PRESTASI GEMILANG JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH UIN SATU TULUNGAGUNG

WISUDA KE-28 DAN PRESTASI GEMILANG JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH UIN SATU TULUNGAGUNG

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (Dr. H. A. Rizqon Khamami, Lc., M.A )  sangat bangga dengan Wisuda ke-28 dan prestasi Gemilang yang ditorehkan oleh mahasiswa jurusan Manajemen Dakwah (MD Angkatan Perdana 2017) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yaitu soliditas dan sinergi dalam menyumbangkan prestasi dan karya di bidang akademik bagi kampus Dakwah dan Peradaban.

Wisuda tersebut akan dihelat pada tanggal 28, 29 dan 30 Juni 2021. Tercatat 9 mahasiswa MD yang telah kompak mengukir prestasi gemilang. Hal tersebut tak lepas dari jerih payah dan kerjasama apik yang selama ini telah dibangun oleh Kajur Manajemen Dakwah  Dr. Ahmad Nurcholis, M.Pd yang lebih akrab dipanggil dengan Dr. Ois bersama staf jurusan yaitu Bapak Bobby Rachman Santoso, M.S.I. Disamping itu, juga adanya dukungan dan bimbingan dari seluruh dosen Manajemen Dakwah di antaranya : Kaji Yuzki, Mang Didin, Kang Nuha, Mom Zulva dan Bu Ummah. Semua telah ikut bekerja keras dengan prinsip perjuangan: optimis, ikhlas dan solidaritas.

Prestasi-prestasi yang telah ditorehkan oleh Mahasiswa jurusan MD Angkatan Perdana 2017 ada tiga. Pertama, Menyelesaikan Kuliah dalam waktu 7 semester. Seluruh mahasiswa angkatan Perdana 2017 yang berjumlah 9 orang telah menyelesaikan sidang ujian skripsi pada Desember 2020. Mereka menyelesaikan sidang ujian skripsi pada semester VII, sehingga tidak perlu membayar UKT semester VIII. Kurikulum yang ditempuh termasuk dalam pada Kurikulum KKNI yang memberikan kesempatan pada seluruh mahasiawa untuk menempuh perkuliahan dengan sistem akselerasi, yaitu bisa di tempuh dalam waktu 7 semester saja.

Kedua, Artikel skripsi telah diterbitkan pada Jurnal yang terindeks SINTA 2, SINTA 3 dan SINTA 4. Bahkan karya-karya mahsiswa telah termuat di Jurnal-jurnal Terindeks Sinta-2 yaitu:  Muhammad Adi Firmansyah / 12311173008 dengan judul artikel “Manajemen Dakwah Transformatif KBIH Ta’awun Tulungagung”. Rinta Dwi Anggraini / 12311173006 dengan judul artikel “Feminisme Dakwah dalam Film Habibie & Ainun 3”. Siti Muntoyibah / 12311173003 dengan judul artikel  “Orkestrasi Dakwah Habib Syekh  Melalui Musik Religi”. Adapun karya-karya mahsiswa telah termuat di Jurnal-jurnal Terindeks Sinta-3 yaitu:  Lutfi Fatmasari / 12311173014 dengan judul artikel  Strategi Dakwah Nahdlatul Ulama melalui instagram @Nuonline_id  Mega Indah / 12311173001 dengan judul artikel  ”Konsep Dakwah Ustadz Hanan Attaki Terhadap Perilaku Remaja di Era Milenial”

Ketiga, Menerbitkan buku antologi yang berjudul “Aku Suka Berdakwah”. Buku tersebut berisi tentang pengalaman PKM selama 1,5 bulan. Di antara mahasiawa ada yang melaksanakan PKM di berbagai lembaga yang berbasis manajemen dakwah antara lain: Kantor Urusan Agama (KUA), Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), Lembaga Dakwah Nahdhatul Ulama’ (LDNU), Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Bazis) dll.

Wakil Dekan II (Dr. H. Nur Kholis, M.Ag) juga ikut bangga dengan prestasi tersebut. Beliau mengatakan bahwa kebahagiaan atas prestasi mahasiswa MD terasa lebih lengkap dengan turunnya PERPRES No. 40 Tahun 2021 tertanggal 11 Mei 2021, yang berisi keputusan Presiden RI tentang alih status dari IAIN Tulungagung menjadi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sedangkan Wakil Dekan III (Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag) menegaskan bahwa walaupun IAIN Tulungagung telah menjadi UIN SATU Tulungagung akan tetap mengutamakan core keilmuan di bidang Keagamaan dan Sains secara seimbang, sehingga tidak lupa pada jati diri sebagai Kampus yang berciri khas Keislaman. (ois)

Leave a Reply

Your email address will not be published.