Prodi MD FDIK UIN Mataram Ikuti Review dan Klinik RPS serta Penyusunan SKPI

Prodi MD FDIK UIN Mataram Ikuti Review dan Klinik RPS serta Penyusunan SKPI

Mataram, 7-8 Mei 2021, Untuk mewujudkan menyelaraskan antara visi, misi dan tujuan serta profil lulusan yang bermutu, FDIK UIN Mataram menyelenggarakan Review dan Klinik RPS. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. H. Dedi Setiadi, M.Sc., dan Dr. Fahrudin dari Universitas Mataram, kedua narasumber ini membahasa mengenai Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), serta juga diselaraskan dengan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Para narasumber menyampaikan materi terkait penyusunan RPS sesuai standar KKNI ,dan tata cara membuat SKPI bagi alumni FDIK sesuai dengan pedoman pembuatannya, serta SKPI diharapkan menjadi salah satu bukti kualitas lulusan.

Kegiatan workshop ini dilakukan selama dua hari di Aula Taliwang Nada Sayang-sayang di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Dalam pembukaan kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Mataram Prof Dr H Masnun Tahir., mengungkapkan bahwa, “RPS sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam peningkatan mutu akademik, dengan adanya RPS yang berkualitas, dan memiliki orientasi kekinian yang diambil dari penelitian dosen atau dari jurnal yang dijadikan sumbe rujukan, sebagai bagian dari tagihan juga dalam borang akreditasi 9 kriteria,” ungkapnya.

Dalam sambutannya dekan FDIK Dr. H. Subhan Abdullah MA, mengungkapkan bahwa, “Kegiatan merupakan salah satu upaya meningkatkan budaya dan mutu akademik di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi untuk mendukung peningkatan mutu dan jaminan mutu kegiatan pembelajaran serta menjadi salah satu dokumen pendukung dalam akreditasi  prodi yang ada dilingkungan FDIK,”Imbuhnya..

Lebih lanjut ketua Jurusan Manajemen Dakwah UIN Mataram mengungkapkan bahwa tujuan kegiatna ini,” Review klinik RPS dimaksudkan untuk membuat keseragaman dalam membuat RPS bagi semua dosen FDIK UIN Mataram sehingga ke depannya  tidak ada lagi perbedaan dalam membuat RPS”, tegas Dr. Khairy Juanda, S.IP., M.Si.

Kegiatan ini pun berlanjut dengan  klinik penyusunan Surat keterangan pendamping ijzah (SKPI) yang di maksudkan menjadi pedoman bagi prodi yang ada di FDIK UIN Mataram dalam membuat SKPI yang nantinya dapat di gunakan oleh alumni FDIK dalam mencari kerja setelah mereka lulus/ wisuda” tambah Dr. Khairy Juanda, S.IP., M.SI.

Acara ini dihadiri oleh para pimpinan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Mataram, dekan, wakil dekan, kaprodi dan sekprodi serta dosen-dosen serta juga melibatkan stakeholder lainnya sebagai penunjang dalam kegiatan mutu tridharma perguruan tinggi yang bermutu, dan kegiatan ini dilakukan secara offline dengan memperhatikan protocol Kesehatan. (Iwan+Khairy)

Leave a Reply

Your email address will not be published.