Prodi MD Gelar Webinar Nasional “Problematika penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah di Masa Pandemi Covid-19″

Prodi MD Gelar Webinar Nasional “Problematika penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah di Masa Pandemi Covid-19″

Ciputat, 4 Mei 2021 – Program Studi Manajemen Dakwah menyelenggarakan webinar nasional yang bertema “Problematika penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah di Masa Pandemi Covid-19” kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Mei 2021 dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meetings dan live streaming via youtube. Peserta yang hadir berjumlah 450 orang. Acara dibuka dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Zidan A. Alfein dan Sari tilawah oleh Siti Sifa. Menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Hymne Dakwah yang dipandu oleh Desya Zahratul.

Acara ini juga dibuka dengan laporan pertanggungjawaban ketua acara oleh Taufik Illahi, setelah itu sambutan disampaikan oleh Kepala Program Studi Manajemen Dakwah,, Drs. Sugiharto, M.A. Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pusat ahli Manajemen Dakwah Indonesia (PAMDI), Drs. Cecep Castrawijaya, M.A.

Dalam Sambutannya Cecep Castrawijaya – Ketua PAMDI – mengatakan bahwa “Kegiatan ini memberikan knowledge kepada mahasiswa dan masyarakat umum bahwa kegiatan haji cukup menarik untuk kita kaji secara mendalam, baik problematika saat pandemi ataupun tidak” 

Dalam kesempatan ini pun Dekan FDIKOM, Suparto, M.Ed., Ph. D. mengatakan bahwa acara ini sangat penting untuk merespon bagaimana kegiatan Haji Umrah ditengah pandemi ini “ada 2 adaptasi penting, yaitu adaptasi kebijakan dan adaptasi fiqih haji dan umrah. Seminar ini sangat penting untuk merepon isu2 kekinian terkait penyelenggaraan ibadah haji dan umrah”  Kata Suparto – Dekan FDIKOM-

Setelah itu, acara dilanjutkan forum diskusi yang dimoderatori oleh Muammar Aditya, S.E., M.Ak. dan dibuka oleh keynote speaker, yaitu PLT Dirjen PHU Kemenag Republik Indonesia H. Khoirizi, S.Sos., M.M. dengan membahas kebijakan haji disaat pandemi.

Selanjutnya, adalah pemaparan oleh H. M. Arfi Hatim, M.Ag. selaku Direktur Bina PPU dan PIHK Kemenag Republik Indonesia. Beliau membahas mengenai Regulasi penyelenggaraan ibadah Haji dan Umrah Tahun 2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Pemateri ke-2 di acara ini adalah Agung Purwono (Head Syariah Haji dan Umrah Permata Bank Syariah) beliau membahas bagaimana prospek dan peluang perjalan haji muda bagi mahasiswa. Kemudian dilanjutkan pemateri ke-3 Reza Aditya Purnama selaku Head Multiguna Business PT. Sahabat Finansial Keluarga Bank Permata Subsidiary dengan membahas Pembiayaan Porsi Penyelenggaraan Haji bagi Jama’ah.

Setelah itu materi ke-4 oleh Drs. H. M. Shohib Murtani, M.A. (Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah KBIH Albin) yang membahas Prospek dan peluang perjalanan haji dan umrah di perguruan tinggi. Penyampaian materi ditutup oleh Prof. Dr. Ir. Anton Satria Prabuwono, M.Si. selaku Guru Besar Universitas King Abdul Aziz Arab Saudi. Pada kesempatan ini beliau membahas pemanfaatan digitalisasi IT dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah di masa pandemi Covid-19.

Acara Webinar Nasional ini pun dilanjut dengan sesi tanya jawab. Setelah itu dilanjutkan pembacaan Doorprize serta ditutup dengan Doa dari rangkaian acara webinar Manajemen Haji Umrah 2021 ini.

Penulis: Abdul Hafiz dan Shidqi Yadhikala
Sumber: http://fidkom.uinjkt.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.