Manajemen Masjid

Manajemen Masjid

Dr. Jarir, M.Ag
MD STAIN Bengkalis

Awalnya saya enggan untuk menulis catatan seputar manajemen masjid, namun setelah saya pikir-pikir, catatan ini kelak akan berguna bagi siapa pun yang menjadi pengurus masjid. Menurut saya setiap masjid memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Setiap masjid memiliki keunikan, dikarenakan umat dan pengurusnya berbeda, lokasi masjidnya berbeda, dan banyak perbedaan lainnya. Bagi masyarakat perkotaan, yang penghasilannya lumayan tentu berbeda dengan masjid yang pinggiran kota. Demikian juga masjid di perkampungan agraris, di mana masyarakat agraris pertanian akan berbeda dengan di masyarakat nelayan. Hal ini disebabkan ritme kerja petani padi dengan nelayan berbeda dan budayanya pun berbeda. Makanya saya sebut setiap masjid memiliki keunikan yang berbeda dengan masjid lainnya.

Masjid yang berada di pinggiran kota juga akan berbeda dengan masjid yang di tengah kota dengan masyrakat elite yang berpanghasilan lumayan. Namun tidak sedikit masjid di pinggiran kota yang kualitas manajemen dan usaha memakmurkan masjid jauh lebih baik dibandingkan masjid di tengah kota. Masing-masing mesjid memiliki keunikan yang tidak bisa dibandingkan dengan masjid lainnya. Tidak bisa masjid yang ini unggul, masjid lain kurang baik, yang jelas mereka memiliki kekhasan tersendiri. Bisa saja masjid yang satu memiliki kekhasan dalam hal kebersihan, bentuk wc, tempat parkir, atau ornamen khaligrafi atau kegiatan di masjid ini khas seperti bentuk kegiatan majelis taklimnya, atau usaha memakmurkan masjid dalam bentuk lain.

Masjid adalah rumah Allah, tentunya memiliki keutamaan dan kekhasan tertentu. Mereka yang memakmurkan masjid pun tentunya beragam bentuk, masing-masing memiliki kekhasan, sebab setiap manusia diciptakan dalam pola karakter yang berbeda-beda. Sudut pandangan bahwa setiap masjid ini unik atau memiliki kekhasan sangat penting, agar kita tidak terjebak membandingkan bahwa masjid ini jelak, masjid itu megah dan pandangan streotip lain.
Pandangan bahwa setiap masjid itu memiliki keistimewaan ini juga akan menumbuhkan rasa kagum kita pada rumah Allah. Sehingga saat kita mengunjungi rumah Allah rasa hati kita nyaman dan tenang. Perspektif yang unik juga membuat kita merasa bangga dengan rumah Allah di mana pun kita kunjungi. Dan banyak nilai baik lainnya yang akan kita dapatkan.

Sumber : Unik – Masjid Al-Muhajirin (masjidalmuhajirin.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *