KUNJUNGAN KETUA PRODI MD UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

KUNJUNGAN KETUA PRODI MD UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Palembang – Pertemuan antara Ketua Prodi MD UIN Sunan Ampel ke FDK Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan III dan Ketua Prodi MD, tetapi menghasilkan hal yang sangat positif, bertukar informasi akademik, kegiatan kemahasiswaan sampai kepada keberhasilan akreditasi.

Disela kegiatannya hari ini, ketua Prodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Arif. A. Rofiq, M.Pd Kons melakukan kunjungan ke FDK didampingi Ketua Prodi Manajemen Dakwah UIN RF, diterima oleh Dekan FDK Dr. Achmad Syarifudin, MA di ruang kerjanya.

Pertemuan ini memang tidak direncanankan awalnya, karena inisiatif dari ketua Prodi MD UIN RF untuk lebih mengakrabkan dan mengenalkan ke pihak Dekanat FDK, bahwa selama ini prodi MD UIN Sunan Ampel dan prodi MD UIN RF telah terjalin kerjasama yang tertuang di Nota Kesepahaman (MoA) yang ditandatangani di UIN Sunan Ampel Surabaya diantara keduanya, bahkan dengan kerjasama tersebut, pada  bulan Januari 2020, mahasiswa MD UIN RF melaksanakan PPL, salah satu tempat yang dikunjungi adalah prodi MD UIN Sunan Ampel Surabaya, tidak hanya itu, kedua prodi yang berbeda pulau ini sudah sering saling bertukar informasi, terutama data-data yang berhubungan dengan akademik.

Dekan FDK UIN RF menyambut hangat kunjungan ini, juga didampingi oleh Wakil Dekan I (Dr. Nuraidah, M,Ag), Wakil Dekan III (Dr. Hj. Eni Murdiati, M.Hum), Ketua Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (Neni Noviza, M.Pd), dan ketua Prodi MD (Candra Darmawan, M.Hum), Syarif menjelaskan bahwa Prodi MD UIN RF termasuk prodi yang masih sangat muda, pada bulan Agustus 2015, keluar izin pendiriannya, dan mulai operasional (penerimaan mahasiswa) pada bulan April 2016, tetapi walau demikian geliat perkembangan dari prodi MD UIN RF ini sudah sangat baik, terbukti prodi MD UIN RF ketika visitasi akreditasi belum memiliki lulusan (alumni), prodi MD UIN RF bisa mendapatkan akreditasi B, tetapi Syarif berharap jangan puas sampai disini saja, kita akan tetap mensuport, bila perlu kedepannya prodi MD UIN RF ini mendapatkan akreditasi A (Unggul). Prodi Manajemen Dakwah UIN RF harus lebih banyak lagi belajar dengan prodi MD lain yang sudah terakreditasi A, salah satunya prodi MD UIN Sunan Ampel ini.

Sementara Arif, senang sekali bisa berkunjung ke bumi Sriwijaya ini, beliau baru kali pertama ini ke Palembang, beliau disajikan diruang Dekan FDK UIN RF dengan kuliner khas Palembang, pempek, kalau makan pempek di kotanya sangat lezat, jelasnya, Alhamdulillah saya bisa berkunjung ke Palembang, mudah-mudahan saya bisa berkunjung lagi di kota Palembang ini dengan kegiatan yang berbeda, ya bisa dikatakanlah bahwa ini kunjungan balasan kami, yang sebelumnya pak Ketua Prodi MD UIN RF sudah dua kali ke Surabaya (UIN Sunan Ampel), beliau berharap hubungan yang sudah terukir baik ini, akan tetap terjalin secara harmonis, mungkin kita akan lebih bersinergi lagi dengan kegiatan yang positif, misal dengan mengadakan join seminar, apalagi dengan program kampus merdeka, mahasiswa bisa melakukan kuliah beberapa semester di Universitas lain yang sudah ada kerjasamanya. Prodi MD UIN Sunan Ampel Surabaya akreditasinya A, tapi kita tetap berpacu untuk meningkatkan kualitas, prodi MD UIN Sunan Ampel yang konsen pada Interpreuner dan Haji/Umrahnya, dan inilah nilai jual dari prodi MD UIN Sunan Ampel Surabaya, jelasnya.

Pertemuan silaturahim ini tidak berlangsung lama, lebih kurang 1 jam lamanya, yang kemudian dilanjutkan dengan melihat destinasi kota Palembang, Kampus Biru UIN RF Jakabaring, Jembatan Ampera, Sungai Musi, Masjid Agung Palembang, Masjid DPRD Sumatera Selatan, dan berakhir di kantor Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Haji Umrah FK KBIHU Provinsi Sumatera Selatan yang beralamat Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. (cd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *