KAJUR MD MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW BERSAMA PARA SANTRIWATI SUNAN GIRI NGUNUT TULUNGAGUNG

KAJUR MD MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW BERSAMA PARA SANTRIWATI SUNAN GIRI NGUNUT TULUNGAGUNG

NGUNUT- Ketua Jurusan Manajemen Dakwah (Dr. Ahmad Nurcholis, SS., M.Pd.) yang akrab disapa dengan panggilan Dr. Ois  memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw bersama para santriwati PPHM Asrama Putri Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Agenda tahunan spektakuler tersebut, dikemas dalam tema: “PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI) MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1443 H. SANTRIWATI MEMBANGUN NEGERI INDONESIA DENGAN MENELADANI AKHLAK NABI”.

“Santriwati harus berperan dalam membangun negeri Indonesia dengan menjalankan sunnah Nabi Saw di mana beliau telah bersabda dalam hadisnya (النساء عماد البلاد) yang berarti Wanita adalah tiang Negara. Peran santriwati dalam membangun negeri, dilakukan dengan cara melaksanakan ajaran Islam dengan penuh spirit agar melahirkan keistiqamahan, kesalihan, keihklasan, kepedulian, kepekaan dan tanpa ada keterpaksaan untuk bela Agama dan Negara. Bhakti santriwati pada negeri yakni dengan ikut memerangi perbuatan zalim, kebodohan, kemiskinan dan kemungkaran, sehingga santriwati mampu meneruskan Resolusi Jihad NU”, tegas Kajur MD kepada para santriwati PPHM Asrama Putri Sunan Giri Ngunut.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada Hari Senin, Tanggal 1 November 2021 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB s.d selesai. Bertempat di Auditorium PPHM Asrama Putri Sunan Giri Ngunut-Tulungagung yang dihadiri oleh Dewan Pengasuh, para Ustadz dan Ustadzah, para Santriwati, dosen, mahasiswi, tokoh agama, dan tokoh masyarakat sekitar Ngunut.

Peringatan maulid Nabi Muhammad Saw merupakan agenda tahunan yang diadakan setiap bulan Robi’ul Awal, dengan tujuan untuk memperingati dan memuliakan hari kelahiran nabi Muhammad Saw. Acara tersebut, dilaksanakan secara offline yang diikuti oleh Masyayikh, Asatidz dan seluruh santri Putri PPHM Asrama Putri Sunan Giri. Kegiatan ini akan diisi dengan pra-acara, yaitu Penampilan Grup Sholawat Az Zahro’ Ngunut dan Pembacaan Maulid Simtut Duror.

Sedangkan acara inti dengan sususan acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat suci Al Qur’an
  3. Sambutan-sambutan
  4. Pembacaan Indeks Prestasi Siswi Selama Semester 1
  5. Mauidlotul Hasanah oleh Dr.  Achmad Nurcholis, S.S, M.Pd. (Dosen Pascasarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan Ketua Jurusan Manajemen Dakwah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung).
  6. Do’a.

Kepala PPHM Ngunut (Ust. M. Abdul Ghofur, S.Pd) menjelaskan bahwa acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW memiliki empata tujuan utama, yaitu: Pertama, meneladani keagungan akhlak baginda Nabi Muhammad Saw. Kedua, sarana Silaturrahmi dengan keluarga besar Masyayikh PPHM Ngunut. Ketiga, sebagai wadah kreatifitas kegiatan Organisasi Santri PPHM Ngunut. Keempat, memahami peran santriwati dalam membangun Negeri Indonesia dengan cara meneladani akhlak Nabi Saw.

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan tersebut di Auditorium PPHM Asrama Putri Sunan Giri, Lk. 9, Desa Ngunut, Kec. Ngunut, Kab. Tulungagung. Kegiatan ini diselenggarakan oleh OSMA (Organisasi Santri Madrasah) putri PPHM Ngunut, dengan Ni’matul Wafiroh sebagai ketua pelaksana, Putri Zainatus Sholihah sebagai sekretaris, dan Laela Fatimatuz Zahro’ (Ketua OSMA Putri) sebagai penanggung jawab acara. (ois-ghofur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *