ASESMEN LAPANGAN JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH UIN SATU TULUNGAGUNG

ASESMEN LAPANGAN JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH UIN SATU TULUNGAGUNG

Tulungagung- Setelah sekian lama menunggu, pada akhirnya jurusan Manajemen Dakwah UIN Satu Tulungagung memperoleh kabar baik dari BAN-PT untuk melaksanakan proses Asesmen Lapangan (AL) untuk kali yang pertama yang mana proses tersebut diselenggarakan pada hari Jum’at s.d Sabtu, tanggal 15 s.d 16 Oktober 2021 bertepatan dengan tanggal 8 s.d 9 Rabi’ul Awwal 1443 H, agenda AL berlangsung secara daring. Berita informasi penyelenggaraan AL tersebut untuk pertama kalinya diterima oleh Bpk. Zun Azizun, M.Pd dari pihak LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) pada sebelas hari sebelum proses AL, tepatnya pada tanggal 05 Oktober 2021.

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (Dr. H. A. Rizqon Khamami, Lc. MA) sangat gembira menyambut proses AL Jurusan MD, sebab pada prinsipnya jurusan MD sudah mencetak Wisudawan angkatan pertama (angkatan perdana tahun 2017) yang mana mereka pada bulan Nopember 2020 yang lalu telah diwisuda oleh Rektor UIN Satu Tulungagung dengan sistem wisuda Drive Thrue. Para alumni sejumlah 9 mahasiswa sudah mendapatkan Ijazah, namun mereka hanya memperoleh status akreditasi sementara dengan nilai B (Baik). Nah, dengan adanya proses AL ini, nantinya jurusan manajeman Dakwah akan memperoleh status akreditasi yang tetap (permanen).

BAN-PT telah mengamanatkan Surat Tugas AL dengan Nomor 3035/BAN-PT/SPT-AK/A2021 kepada dua Asesor yang sangat profesional dan kridibel di bidang Manajemen Dakwah, yaitu : Pertama, Dr. H. Ahmad Sarbini dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung selaku Koordinator Asesor. Kedua, Dr. H. Ilyas Supena dari UIN Wali Songo Semarang selaku anggota asesor. Acara AL dimulai pukul 08.00 WIB s.d pukul 16.00 WIB. Masing-masing asesor memberikan arahan dan evaluasi secara detail dan mendalam pada tiap-tiap kriteria borang, yaitu dari kriteria satu hingga kriteria sembilan.

Tim Akrediatasi Jurusan MD yang dinahkodai oleh Dr. Ahmad Nurcholis, M.Pd dan Bpk. Bobby Rachman Santoso, M.S.I telah meyiapkan data LED dan data LKPS secara lengkap. Di samping itu, tim akreditasi juga telah menyaipakan ruang khusus untuk proses AL yang berada di lantai II Gedung KH. Arief Mustaqiem, di sebelah barat ruang Balkon. Ruang tersebut ditata secara rapi dengan menyediakan media-media digital antara lain: Laptop, PC Portable, LCD, Akses Internet, hadset, layar, printer, scanner dan peralatan canggih lainnya.

Tim akreditasi dibagi dalam tugas-tugas khusus yang sangat krusial dalam melancarakan proses AL, antara lain: (1) Dr Ois sebagai petugas presentasi data. (2) Bpk. Bobby Rachman Santoso, M.S.I. sebagai petugas penampil data. (3) Bpk. Didin Wahyudin, M.Pd. sebagai petuag pencatat revisi borang. (4) Bpk. Mohammad Khadziqun Nuha, M.Pd.I sebagai petugas IT. (5) Bpk. Ahmad Yuzki Faridian Nawafi, S. Hum., M.Pd. sebagai petugas dokumentasi. (6) Bpk Moh Abdul Wahab Tsalatsa, M.Pd.I, Bpk. Samsul Rifa’i, M.Pd.I, Bu. Zulva Ismawati, M.Pd. dan Bu. Aminatul Ummah, M.Pd. sebagai petugas yang mengkoordinasi para pimpinan, asesor dalam, stakes holders, dosen dan mahasiswa, dan para alumni Manajemen dakwah.

 Dr. H. Teguh Ridwan, M.Ag selaku Wakil Dekan I memberikan masukan kepada asesor bahwa salah satu distingsi Manajemen Dakwah adalah Manajemen dakwah yang berprinsip pada Jawanisasi Islam dan Islamisasi Jawa. Sedangkan  Dr. H. Nur Kholis, M.Ag, Wakil Dekan II memperkuat distingsi dari segi pendanaan bagi program-program unggul yang dimiliki oleh Jurusan Manajemen Dakwah yaitu pada pembiayaan penerbitan buku khutbah jum’at, bultin jum’at, majalah dakwah, buku antologi dakwah, buku novel dakwah dan produk penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa. Adapun Dr. Hj. Salamah Noorhidayati, M.Ag menjelaskan bahwa exelences Jurusan Manajemen Dakwah, terdapat pada tiga pilar, yakni (a) Dakwah Orasi (b) Dakwah Literasi (c) Dakwah Seni. (ois)

Leave a Reply

Your email address will not be published.