MASA TA’ARUF MAHASISWA BARU JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH (Stimulasi Empati Guna Eskalasi Integritas Manajemen Dakwah)

MASA TA’ARUF MAHASISWA BARU JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH (Stimulasi Empati Guna Eskalasi Integritas Manajemen Dakwah)

PANTAI SINE. TULUNGAGUNG – Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung akan menggelar kegiatan Makrab mahasiswa baru atau yang biasa disebut MATADEWA (Masa Ta’aruf Leader Dakwah) dengan tema Stimulasi Empati Guna Eskalasi Integritas Manajemen Dakwah. kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (2/10/2021). Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB s.d selesai

Kegiatan tersebut adalah agenda tahunan yang diadakan setiap bulan september, yaitu ketika masa awal perkuliahan mahasiswa baru atau masa pengenalan Visi dan Misi Jurusan terhadap mahasiswa baru yang telah diterima secara resmi untuk menjadi mahasiswa pada Jurusan Manajemen Dakwah.
 
Acara tersebut dilaksanakan secara offline dan diikuti oleh mahasiswa baru Jurusan Manajemen Dakwah, yang berjumlah 45 mahasiswa baru. Terdapat tujuh Narasumber dalam kegiatan tersebut, yaitu Dr. Ois (Kajur MD), Bu Aminatul ummah, S.Psi, M.Pd. (DLB), Didin Wahyudin, M.Pd. (Dostap MD), Muhammad Khadziqun Nuha, M.Pd.I. (Dostap MD), Kak Umi Kulsum (Ketua HMJ MD), Kak Hayyinun Nafisah (Wadek PSKD).

Dalam acara Makrab tersebut Dr. Ois menjelaskan bahwa mahasiswa MD memiliki tiga pilar dakwah yang harus dikuasi, yaitu dakwah orasi, dakwah literasi dan dakwah seni. Perpijak dari tiga perspektif dakwah tersebut, jurusan  MD telah menorehkan prestasi-prestasi unggul di tingkat Nasional. Mulai dari seminar, simposium, konsorsium, lomba-lomba dakwah hingga penulisan jurnal ilmiah yang bereputasi Sinta 2 dan Sinta 3, bahkah jurnal internasional yang terindeks scopus. Saat ini jurusan MD sudah memiliki 19 Haki dan telah memiiki 42 judul artikel jurnal yang ditulis  oleh mahasiswa MD angkatan 2017 dan mahasiswa angkatan 2018.

Ketua Pelaksana menegaskan bahwa agenda kegiatan ini bertujuan meningkatkan sifat empati mahasiswa  MD dan upaya menumbuhkan rasa kesadaran membangun sinergi dalam berorganisasi,  di samping itu juga memberikan wawasan yang mendalam tentang tiga pilar dakwah, yaitu dakwah orasi, dakwah literasi dan dakwah seni.

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan tersebut adalah di pantai Sine, Dusun Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kab Tulungagung, Jawa Timur. Destinasi wisata di Sine akan memberikan daya tarik dan motivasi bagi peserta agar antusias dalam mengikui agenda Matadewa. (ois-umi)

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *