Fidkom UIN Jakarta: Selenggarakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Umrah Profesional

Fidkom UIN Jakarta: Selenggarakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Umrah Profesional

Dirjen Penyelenggaraan haji dan umrah Kementerian Agama bersama Fakultas  Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) wilayah DKI Jakarta Raya sukses mengadakan Sertifikasi Pembimbing  Haji dan umrah Profesional 2021. Setelah melalui proses yang cukup panjang selama 1 Minggu,   kegiatan Sertifikasi Pembimbing  haji dan umrah Profesional 2021 yang digelar oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) bersama Fakultas  Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerja sama dengan JATTI wilayah Jakarta Raya bertempat di Pusdiklat Kemenag RI pada rabu (20/1/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 12 sd 20 Januari ini diikuti oleh 63 peserta yang terdiri dari perwakilan Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) dengan online dan tatap muka.

Ketua JATTI wilayah Jakarta Raya KH. Aarafie Mughni, LC. MA, dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dirjen PHU, dan Kanwil Kemenag DKI Jakarta yang telah bekerjasama dalam menyelenggarakan sertifikasi pembimbing haji dan umrah profesional dengan lancar dan sukses.

Direktur Pembinaan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag yang di wakili oleh Kasubdi Pembinaan, Arsyad Hidayat, LC. MA  memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan sertifikasi pembimbing haji dan umrah professional. Lebih mengatakan bahwa kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan umrah Profesional 2021  ini merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan pembimbing manasik haji dan umrah yang professional dan kemampuan menguasai manasik haji dan umrah yang sempurna. “Karena itu, konten dari isi materinya terkait aspek fiqhnya supaya memperoleh keabsahan, kesahihan, dan kesahan dari ibadah haji dan materi-materi yang terkait pelaksanaan ibadah haji. Hal senada juga disampaikan oleh Drs, H. Tabroni, MA,  kepala bidang PHU kanwil Kemenag DKI Jakarta. Lebih lanjut mengatakan bahwa pembimbing haji dan umrah yang telah memiliki sertifikasi akan lebih memuluskan ijin perpanjangan KBIHU yang sudah habis masa berlakunya.

Febrian Amanda, LC. MA, ketua umum Pusat  JATTI memberikan apresiasi kepada JATTI wilayah Jakarta Raya yang telah sukses menyelenggarakan serifikasi pembimbing haji dan umrah profesional yang bekerjasama dengan dengan Dirjen PHU Kemenag RI, Kanwil Kemenag DKI Jakarta dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lebiha lanjut menyampaikan bahwa kegiatan yang sama semoga bisa diselenggarakan lagi dimasa yang akan datang.

Prof, Dr.Hj.Amany Lubis,MA. Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam sambutannya yang sekaligus menututup acara sertifikasi pembimbing haji dan umrah professional angkatan ke-4, menyampaikan bahwa suksesnya acara sertifikasi pembimbing haji dan umrah professional tahun 2021 adalah adanya sinergi yang luar biasa antara FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dirjen PHU,  Kanwil Kemenag DKI Jakarta Jakarta.

Adanya kolaborasi dalam penyelenggaraan sertifikasi pembimbing haji dan umrah profesional, diharapkan para peserta yang telah mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan pengetahuan yang luas baik dari segi materi maupun kebijakan dalam penyelenggaraan haji dan umrah.  Lebih lanjut mengatakan bahwa  salah satu upaya untuk mewujudkan pembimbing haji dan umrah profesional Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah bekerja sama dengan Direktorat Bina Haji akan terus mengadakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah professional.

Dalam mengakhiri sambutannya, Amany Lubis berharap bahwa dengan memperbanyak jumlah orang pembimbing haji dan umrah yang tersertifikat, pada akhirnya diharapkan para pembimbing memahami regulasi penyelenggaraan haji dan umrah serta bisa menciptakan jemaah-jemaah yang shaleh, dan haji yang mabrur.

Ketua PAMDI yang juga wakil dekan bidang kemahasiswaan alumni dan kerjasama Fidkom UIN Jakarta, menjadi salah satu moderator dalam kegiatan tersebut. Dalam kesempatan tersebut Cecep menyampaikan “Kegiatan ini tentunya merupakan bagian penguatan dari Program Studi Manajemen Dakwah yang salah satu kajiannya dalam bidang manajemen haji dan umrah, pungkasnya. (CC/FidkomUINJakarta)

Baca juga: Rektor Tutup Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published.