55 views

Webinar Seri 3, Pengelola Jurnal Prodi MD dan Ilmu Dakwah Ikuti Workshop Menulis Artikel Scopus Daring

Sabtu (26/04/2020) Perkumpulan Pengelola Jurnal Ilmu Dakwah (PPJID) laksanakan webinar seri ke-3 mengenai tips menulis artikel terindex scopus. Hadir sebagai pembicara Mohammad Irfan pengelola Jurnal Informatika FST UIN Bandung.

Dalam paparannya, Irfan menyampaikan bahwa dalam proses menulis artikel scopus dapat dilakukan melalui kolaborasi multidisipliner.

“Pengalaman saya, salah satu yang dapat memudahkan publish di jurnal terindex scopus adalah kolaborasi multidisipliner. Misalnya antara ilmu dakwah dan teknologi”, ungkapnya.

Irfan menambahkan dalam penulisan artikel scopus penting memperhatikan template jurnal supaya disesuaikan dengan keinginan pengelola jurnal.

“Hal ini akan memudahkan pengelola. Biasanya 50 persen insya Allah accepted”, tambahnya.

Kegiatan ini diikuti oleh pengelola jurnal ilmu dakwah se-Indonesia. Hadir menjadi peserta pengelola jurnal Jurnal Tadbir Prodi Manajemen Dakwah UIN SGD Bandung yakni Asep Iwan Setiawan dan Pengelola Jurnal MD UIN Jakarta Muhammad Zen selaku  pengelola Jurnal MD Fidkom  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lebih lanjut M. Zen berharap, “Kami sangat berharap bahwa sinergitas dalam menguatkan jurnal prodi MD, serta saling berbagi naskah maupun menjadi editor diharapkan dari PAMDI”, ungkapnya.

Editor in Chief Jurnal Tadbir dan juga sekretaris II PAMDI, Asep Iwan Setiawan menyampaikan pengelola jurnal tadbir sengaja diikutsertakan sebagai persiapan akreditasi jurnal lembaga prodi MD, dan berharap bahwa semua jurnal prodi MD di Indonesia dapat terakreditasi.

Cecep Castrawijaya menambahkan,  “Sejauh ini jurnal MD masih berjalan sendiri-sendiri, oleh karena itu PAMDI akan menjadi payung untuk para pengelola jurnal Prodi MD, Langkah pertama yang dilakukan akan dibuatkan dulu MoU untuk semua pengelola Jurnal MD dengan PAMDI,” ungkapnya.

Lebih lanjut ketua Umum PAMDI mengemukakan rencanya ,:”Kedepan akan diagendakan juga pelatihan mengenai pengelola jurnal khusus prodi MD, tentunya dalam masa pandemic ini akan dilakukan secara daring”, tandasnya.

Bagi rekan-rekan prodi MD, materi acara kemarin bisa diakses pada link http://ppjid.org/materi-workshop/ Sedangkan buku dan pedoman pengelolaan jurnal bisa diakses http://ppjid.org/pedoman-jurnal/ Semoga bermanfaat untuk pemantik pengelolaan jurnal di prodi MD. (RR-Wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *